Blog

First blog post

The Original Articles here : https://www.artelino.com/articles/tale-of-genji.asp

 

***

Kisah Genji (Genji Monogatari) merupakan hal yang penting dan menjadi novel fisik pertama pada masa awal kepemimpinan Jepang dan bahkan dalam sejarah literasi. Kisah sosok Genji ditulis oleh Murasaki Shikibu, seorang bangsawan wanita dari kepemimpinan Jotomon di awal abad ke-11.

 

Nyonya Murasaki Shikibu

Informasi terkait penulis novel tentang Genji, Murasaki Shikibu, jarang diketahui dengan baik. Bisa jadi dikarenakan pada masa tersebut di Jepang bagi seorang wanita bukan waktu yang tepat memiliki peranan yang penting dalam dunia literasi. Tapi dia dapat berpartisipasi karena mendapat ilmu dari kakaknya (yang juga didapat dari ayahnya), Shikibu menerima beberapa pelajaran yang terlarang seperti bahasa Cina, menulis dan sastra. Dia juga lahir di keluarga sastrawan Fujiwara, yang telah turun temurun aktif dalam kegiatan literasi.

Ada semacam ketidak-sepakatan dari para sastrawan terkait nama penulis dan tahun berapa kehidupan yang sebenarnya dari tulisan Murasaki. Bisa jadi Nyonya Murasaki hidup sekitar tahun 973 sampai 1016. Beberapa hal, Shikibu lahir di Heian-Kyo, dimana saat ini menjadi Kyoto dan salah satu dari ibu kota kepemimpinan Jepang.

Ketika ayahnya menjadi seorang administrator di provinsi Echizen tahun 996, dia mendapat kesempatan untuk berkeliling ke seluruh daerah, sebuah kesempatan yang langka untuk seorang wanita muda pada masa itu. Setelah dirinya kembali, Shikibu menikah dengan Fujiwara Nobutaka pada 998, sepupunya yang berusia 20 tahun lebih tua darinya, dan memiliki seorang anak perempuan pada 999.

 

Di Kekaisaran

Setelah kematian suaminya di tahun 1001, Murasaki Shikibu mulai mengerjakan karyanya yaitu Kisah Genji Monogatari. Ini menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menulis dan mengembangkan karyanya, terutama sejak dia hanya memiliki sedikit waktu luang ketika bertugas dalam pemerintahan di Kekaisaran Jotomon (juga dikenal dengan Fujiawara no Shoshi).

Terima kasih padanya atas kecerdasan dan pendidikan yang luar biasa, Shikibu menjadi guru di kekaisaran dan menerima banyak kepercayaan dan penghargaan. Dia mengabadikan pengalamannya selama di kekaisaran dalam buku diarynya, yang juga berisi draf novel Kisah Genji, yang sepertinya dikerjakannya sampai dia meninggal.